kerjasama menebar rahmat (cinta-kasih) ke alam semesta

Perihal

Mulai 25 Januari 2015, situs ini menjadi situs resmi JUTI (Jemaat Universalis Tauhid Indonesia). Sebelumnya, situs ini merupakan blog tentang Universalisme Tauhid (Unitarian Universalism).

Universalisme Tauhid (Unitarian Universalism) itu dapat disebut sebagai “agama” jika kita mendefinisikan bahwa agama adalah “komunitas se-aspirasi”. Namun kalau definisinya mengikuti Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka UT (UU) itu bukan agama. Sebab, UT (UU) tidak “mengatur tata keimanan dan peribadatan …” Syariatnya tidak ada, kitab sucinya tidak ada, nabinya tidak ada. Bahkan, pembimbing keagamaannya pun tidak ada. (Fungsi “pendeta” UT (UU) terutama adalah moderator.)

Kalau mengikuti definisi kamus tersebut, maka UT (UU) itu menyerupai “aliran kepercayaan”, yaitu sama-sama “tidak berdasarkan ajaran salah satu agama”. Perbedaannya, pada setiap aliran kepercayaan itu terdapat suatu sistem kepercayaan (dan ritual) yang cenderung seragam; sedangkan pada UT (UU), sistem kepercayaan (dan ritual) para penganutnya cenderung berlainan. Yang seragam pada UT (UU) adalah aspirasinya, yaitu:

mendorong setiap orang untuk bertanggung jawab atas jalan hidup masing-masing melalui “ijtihad” (sungguh-sungguh mencari kebenaran) pribadi dan bekerja sama menebarkan “rahmat” (cinta-kasih) ke semesta alam.

Dengan terilhami oleh aspirasi tersebut, misi JUTI adalah bekerjasama membudidayakan nilai-nilai universal yang sama-sama diyakini dan dijunjung tinggi, terutama: [1] Pencarian Kebenaran Pribadi (secara bersunggung-sungguh); [2] Penyayang (bersaudara dengan semua orang & berselaras dengan alam semesta); [3] Toleran (terhadap semua perbedaan); [4] Demokratis (dalam semua urusan); dan [5] Kesejahteraan Sosial (bagi semua orang seadil-adilnya). Untuk itu, kami bersemboyan:

kerjasama menebar rahmat (cinta-kasih) ke alam semesta

  1. Bagiku Agamaku
  2. Terima Kasih
  3. Beda Itu Indah
  4. Suaramu Suaraku
  5. Salam Sejahtera

Namun demikian, TIDAK semua artikel di situs ini sejalan dengan pendapat kami. Bahkan, pendapat kami tidaklah seragam. Setiap anggota JUTI menganut pandangan yang berlainan dalam hampir segala hal.

Sebagai sebuah kelompok studi, artikel-artikel itu kami pandang sebagai bahan mentah untuk diolah lebih lanjut dalam diskusi internal kami. Begitu pula tanggapan-tanggapan Anda terhadap materi-materi tersebut. Anda bebas untuk menyampaikan pandangan yang berbeda, sehingga bisa memperkaya materi diskusi kami. Untuk itu, kami berterima kasih.