Pendidikan Seksual Yang Religius

Agama Universalisme Tauhid (UT) berdiri di Jalan Cinta, bukan di Jalan Takut dan Malu. Namun rasa takut dan malu, di samping kezaliman dan penderitaan yang menyertainya, kini semakin memburuk dan merajalela di kebudayaan kita, terutama dalam urusan seksualitas manusia–kesetaraan dalam pernikahan, hak perempuan untuk memilih, akses terhadap kontrasepsi, dan pendidikan seksual.

Selaku individu, sebagai jemaat, dan melalui asosiasi [UUA] ini, kita sudah lama membawa suara religius kita yang merdeka menuju perjuangan untuk mengakhiri kezaliman yang mengalir dari rasa takut dan malu tersebut. Walau kita dan para sekutu kita telah meraih kemajuan di beberapa bidang, kita mengalami kemunduran di bidang-bidang lainnya.

Kepeloporan kita dalam memperjuangkan kesetaraan dalam pernikahan telah efektif dan berkelanjutan. Kini saatnya untuk mengerahkan energi kita secara efektif dan berkelanjutan pula mengenai pendidikan seksual yang komprehensif.

Secara teologis, agama UT memandang seksualitas sebagai salah satu dari anugerah-anugerah Tuhan yang terbesar. Ekspresi seksualitas kita yang terbaik adalah ketika kita dilandasi oleh moral dan etika. Jadi, pendidikan seksual yang bertanggung jawab itu lebih dari sekadar biologi dan aturan-aturan. Alih-alih, [pendidikan seksual yang religius] ini mengenai nilai-nilai, yang meliputi penghargaan diri, kesehatan seksual, tanggung jawab, keadilan dan inklusivitas, dan komunikasi.

————
Saduran ringkas dari William G. Sinkford, “Sexuality education, standing on the side of love” dalam UU World, Fall 2006

Diterbitkan oleh

Prof. Idiot

M Shodiq (Musa Mustika), a national bestseller writer, a former lecturer of a well-known university in Indonesia.

3 tanggapan untuk “Pendidikan Seksual Yang Religius”

Silakan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s