Debat Yang Menyenangkan

Selaku Wakil Pemuda di Dewan Perwakilan jemaatnya, Alexander Askew menggunakan keterampilan debatnya untuk memastikan bahwa sudut pandang pemuda dimasukkan dalam putusan-putusan yang dibuat. “Bahkan walau saya merasa terintimidasi ketika orang-orang dewasa berbicara mengenai anggaran, dan hal-hal lain seperti itu, saya menggunakan pengalaman saya di tim-debat untuk berbicara.”

Ia sangat menyukai debat karena “untuk menjadi pendebat yang baik, Anda harus mampu memperdebatkan persoalan dari kedua pihak, yang berarti benar-benar memahami sudut pandang pihak lain, sehingga pada akhirnya Anda sungguh-sungguh mengerti apa yang Anda yakini dan memiliki kemampuan untuk menerima keyakinan orang lain bahkan bila Anda tidak setuju.

Kapankah Andrew mulai menggemari perdebatan? Ia diperkenalkan dengan agama Universalisme Tauhid (UT) ketika berada di Kelas Tiga. Ia menjelaskan bahwa ia “merasa berada di rumah” lantaran rasa kekeluargaan pada agama ini yang menghargai individu-individu dan jalan spiritual pribadi mereka, dengan mendorong rasa “menghargai diri sendiri”.

Dengan dibesarkan di Persekutuan UT, ia ikut serta dalam program Coming of Age, dan membangun persahabatan yang akrab dengan pemuda-pemuda UT lainnya. Bersama-sama mereka mempelajari keimanan lain, mengunjungi masjid Muslim dan kuil Buddhis, dan mempelajari pentingnya “kepekaan terhadap pendapat dan keyakinan lain”.

————
Sumber: Synapse, March 2010

Diterbitkan oleh

Prof. Idiot

M Shodiq (Musa Mustika), a national bestseller writer, a former lecturer of a well-known university in Indonesia.

Satu tanggapan untuk “Debat Yang Menyenangkan”

Silakan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s