Soal-Jawab 12: Menjadi Anggota Komunitas Universalis Tauhid

Dapatkah siapa pun menjadi anggota komunitas Universalis Tauhid (UT)?

Orang-orang dari segala keimanan dipersilakan memasuki komunitas UT [bahkan tanpa keharusan untuk meninggalkan agama yang sedang dianut, karena setiap orang bisa menganut “agama” lebih dari satu]. Yang dipersilakan ini tidak hanya dari kalangan Kristen, tetapi juga dari Buddha, Islam, Hindu, Katolik, agnostik, humanis, dan semua tradisi lain. Yang mengikat kita sebagai sebuah jemaat adalah saling menghargai, menerima satu sama lain, dan dorongan pertumbuhan spiritual.

Dapatkah seorang ateis diterima dan merasa nyaman di komunitas UT? Bagaimana dengan kaum homoseksual atau pun kalangan minoritas lainnya?

Semuanya diterima di “gereja” UT yang mana saja. Kami berusaha menawarkan tempat bagi semua orang tanpa pandang bulu.

UT mengakui martabat dan hak yang melekat pada semua orang, dan pengakuan ini meluas sampai ke orang-orang yang orientasi seksualnya adalah gay, lesbian, atau pun biseksual. Universalisme Tauhid merupakan satu dari sedikit sekte di Amerika Utara yang bisa melantik pendeta gay dan lesbian. Rasio anggota komunitas UT yang heteroseksual terhadap homoseksual mencerminkan masyarakat kita pada umumnya.

Seberapa aktif Anda berusaha mengalihkan agama orang-orang?

Dalam pengertian umum mengenai konversi (peralihan) agama, kami sama sekali tidak berusaha untuk mengalihkan agama orang-orang. Kalau mereka senang dan nyaman di agama mereka sendiri, kami tentu takkan berusaha mengubahnya.

Bagi orang-orang yang mencari “rumah religius” dan merasa bahwa mereka kurang nyaman dengan komunitas religius mereka selama ini, kami menawarkan komunitas UT.

Mengapa orang-orang menjadi anggota komunitas UT?

Sekitar 80 persen anggota UT saat ini tumbuh di keimanan lain yang bukan Universalisem Tauhid. Ada banyak anggota UT yang dibesarkan di agama tertentu, tetapi kemudian pada masa remaja-akhir atau dewasa-awal menjadi kecewa dan menjauh dari segala hal yang menyangkut agama sampai mereka menikah dan memiliki anak. Pada saat itu, mereka ingin anak-anak mereka memiliki pengalaman religius, atau mereka sendirilah yang yang merasakan kebutuhan akan dimensi spiritual dalam kehidupan mereka. Karena kembali ke komunitas religius terdahulu itu tidak nyaman, mereka mendapati komunitas UT sebagai alternatif yang memuaskan.

Sebagian orang menjadi anggota UT lantaran alasan sosial, sebagian untuk bersama dengan orang-orang yang gemar berpikir, dan sebagian mencari agama penopang dalam rangka menempuh perjalanan spiritual mereka sendiri.

Apakah lebih banyak orang yang beralih ke Universalisme Tauhid daripada ke agama-agama lain?

Tidak, tetapi sekitar 80 persen dari anggota komunitas UT itu datang dari keimanan-keimanan lain.

Menjadi anggota komunitas UT itu apa manfaatnya?

Jika orang-orang mencari tempat yang di dalamnya mereka bisa dengan bebas menempuh jalan hidup religius, filosofis, dan sosial mereka sendiri, maka besar kemungkinan bahwa mereka ingin bergabung dengan komunitas UT. Kami pikir bahwa di setiap komunitas UT, seorang anggota baru akan menjumpai niat baik dan persekutuan, plus banyak peluang untuk berpartisipasi.

Apakah kebanyakan orang UT itu bergabung dengan komunitas UT ketika mereka dewasa?

Ya, saat ini, kebanyakan mereka menjadi anggota komunitas UT di saat mereka dewasa. Hanya 20 persen dari anggota komunitas UT yang lahir dari orangtua yang telah menjadi anggota komunitas UT.

Ketika anak-anak itu memutuskan untuk bergabung dengan komunitas UT, peran apa yang dimainkan oleh “gereja” orangtua mereka dalam keputusan mereka?

Ketika mereka mencari komunitas religius bagi mereka sendiri, orang-orang itu bisa mempertimbangkan komunitas religius orangtua mereka, tetapi biasanya itu bukanlah faktor penentu.

Lazimkah bagi orang-orang untuk melihat-lihat, mengunjungi beberapa komunitas religius, sebelum mengambil putusan?

Ya. Orang-orang yang sedang mencari tahu tentang Universalisme Tauhid seringkali melihat-lihat gereja/persekutuan/komunitas UT.

Apa yang perlu dilakukan oleh anggota komunitas UT?

Meskipun tidak ada persyaratan bahwa setiap anggota UT harus berpartisipasi, semisal mengikuti kebaktian mingguan dengan frekuensi minimal sekian kali, kami mendorong para anggota untuk mengambil bagian dalam aktivitas-aktivitas jemaat sesuai dengan ketersediaan waktu dan energi mereka. Untuk menjadi anggota sebuah komunitas UT, Anda bisa menandatangani buku keanggotaan komunitas tersebut, yang menunjukkan bahwa Anda sepakat dengan tujuan-tujuan UT. Untuk menjadi anggota yang berhak memberi suara, Anda perlu memberi kontribusi tahunan kepada gereja/persekutuan/komunitas tersebut.

Apakah para anggota diharapkan memberi kontribusi finansial kepada gereja/persekutuan/komunitas UT-nya?

Untuk mengamankan dukungan finansial bagi anggaran mereka, kebanyakan jemaat mengadakan gerakan permohonan sumbangan tahunan. Angka sumbangan itu ditentukan sendiri oleh setiap anggota atau walinya. Walaupun beberapa komunitas lebih spesifik dalam menyarankan berapa besar sumbangan yang mereka harapkan, tidak ada satu pun yang meminta sumbangan dengan angka tertentu sebagai syarat keanggotaan.

————
100 Soal-Jawab Mendasar perihal “Agama” (sistem kepercayaan) Universalisme Tauhid
© 1994-2000 by the Unitarian-Universalist Church of Nashua, New Hampshire
Indonesian Translation Copyright © 2010 by M Shodiq Mustika
All rights reserved

Diterbitkan oleh

Prof. Idiot

M Shodiq (Musa Mustika), a national bestseller writer, a former lecturer of a well-known university in Indonesia.

3 tanggapan untuk “Soal-Jawab 12: Menjadi Anggota Komunitas Universalis Tauhid”

  1. yang dimaksud tauhid adalah orang yang mengucapkan “sesungguhnya Allah Tuhanku” karena kalimat itu tidak membeda-beda dari aliran apapun anda berasal, karena yang di inginkan Tuhan adalah mengingatNya dan lakukanlah apa yg kau mau ! kalimat mengingatNya ialah “ALLAH Tuhanku”, “ALLAH myGod”

  2. Saya mau tanya, dimana berkumpulnya komunitas atau gereja atau jemaat UT ini? Dan bolehkah kita datang bergabung sebelum terdaftar menjadi anggota? Terimakasih atas jawabannya.

Silakan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s