Soal-Jawab 9: Gereja/Persekutuan/Komunitas Universalis Tauhid

Adakah “Kepala Gereja” Universalis Tauhid (UT)?

Dalam pengertian tradisional [seperti Paus yang mengepalai Gereja Katolik sedunia], tidak ada individu yang mengendalikan orang-orang UT. Namun kami mempunyai presiden Asosiasi Universalis Tauhid (UUA: Unitarian Universalist Association), yang mengelola organisasi UUA, mewakilinya dalam dunia religius, dan memberi semacam arahan umum kepada para anggota.

Jika sebagian besar orang UT tidak beriman kepada Tuhan pribadi, mengapa jemaat UT disebut gereja?

Istilah Tuhan itu penuh-makna bagi banyak orang UT, tetapi UT tidak memiliki “syahadat” (pernyataan iman) yang mendefinisikan keyakinan UT. Karena ada banyak jemaat UT yang didirikan ketika Unitarianisme dan Universalisme merupakan bagian dari agama Kristen liberal, mereka disebut gereja pada saat pembentukannya. Kini sebagian besar dari mereka masih menggunakan istilah tersebut, tetapi dengan pengertian yang lebih luas dan lebih inklusif. Sekarang, “gereja” bukanlah satu-satunya istilah yang dipakai untuk identitas jemaat UT; sebagiannya disebut persekutuan (fellowship), sebagian lainnya disebut komunitas (society).

Apakah jemaat-jemaat UT menggambarkan keragaman ras dan sosial Amerika?

Proses pendobrakan kendala demografis tertentu merupakan salah satu tantangan terbesar UT pada zaman sekarang. Walau menyatakan meliputi semua orang, sebagian besar jemaat UT terdiri dari orang-orang berpendidikan-tinggi yang berkulit-putih. Masih sedikit sekali komunitas UT yang sangat mencerminkan campuran ras dan etnik. Ini merupakan masalah yang terus kita atasi.

Apakah posisi kepemimpinan jemaat-jemaat UT dan UUA menggambarkan atau lebih condong kepada suatu latar belakang keagamaan tertentu?

Tidak. Besar kemungkinan, kepemimpinan setiap komunitas UT menggambarkan susunan anggotanya. Jemaat humanis UT mungkin memiliki orang humanis sebagai pemimpin/pemuka agama mereka, jemaat Kristen UT mungkin mempunyai orang Kristen sebagai pemimpin/pemuka agama mereka. Tidak ada tes keagamaan bagi jabatan-jabatan di UUA, hanya diharuskan memenuhi kualifikasi untuk posisi masing-masing dan memiliki komitmen akan kebebasan beragama.

Apa yang dilakukan oleh para anggota jemaat UT untuk menjangkau organisasi-organisasi dan kelompok-kelompok di lingkungan sosial mereka?

Orang-orang UT memiliki reputasi terlibat dalam kelompok komunitas dan masyarakat. Mereka sering menjadi pengurus organisasi kemanusiaan. Banyak gereja/persekutuan/komunitas UT menawarkan fasilitas mereka untuk kelompok-kelompok setempat yang membutuhkan ruang pertemuan.

Apa yang dipelajari dan dikaji di Sekolah Minggu UT?

Tujuan program religius kami adalah menyediakan informasi pengetahuan dan pengalaman yang akan membantu anak-anak dan remaja menentukan pilihan-pilihan mengenai kehidupan religius mereka ketika mereka beranjak dewasa.

Tujuan utamanya adalah mengajarkan penghargaan terhadap diri sendiri dan terhadap orang lain, penghargaan terhadap ajaran tradisi-tradisi religius di seluruh dunia, kepedulian terhadap keadilan sosial, dan penghargaan terhadap planet bumi kita.

Kemudian dengan mengunjungi tempat-tempat religius agama lain, mereka mempelajari ajaran berbagai agama mengenai sejumlah pertanyaan besar mengenai kehidupan dengan cara yang sesuai dengan tingkat umur mereka.

Program-program yang sesuai dengan tingkat umur itu meliputi prasekolah hingga sekolah menengah atas. Contohnya, kami menyelenggarakan kursus “Mengenai Seksualitas Anda” bagi ABG (anak baru gede) atau seusia murid-murid sekolah menengah pertama.

————
100 Soal-Jawab Mendasar perihal “Agama” (sistem kepercayaan) Universalisme Tauhid
© 1994-2000 by the Unitarian-Universalist Church of Nashua, New Hampshire
Indonesian Translation Copyright © 2010 by M Shodiq Mustika
All rights reserved

Diterbitkan oleh

Prof. Idiot

M Shodiq (Musa Mustika), a national bestseller writer, a former lecturer of a well-known university in Indonesia.

Satu tanggapan untuk “Soal-Jawab 9: Gereja/Persekutuan/Komunitas Universalis Tauhid”

Silakan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s